Minggu, 28 Februari 2016

MEMPERBAIKI ANTENA TV

Memperbaiki Antenna TV

Antenna merupakan alat yang cukup vital untuk menerima sinyal tv. Jika terdapat masalah pada alat ini, tentu saja hasil gambar akan sangat jelek dan tidak enak untuk dionton. Namun jangan kuatir jika alat tersebut rusak, karena pada sesi kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki antenna tv yang rusak. Rusak maksudnya secara fisik, antenna masih telihat normal, tetapi hasil sinyal tangkapan yang diperoleh sangat jelek.

Berikut adalah cara mudah dalam memperbaiki antenna tv :

1.       Periksa 3 bagian utama antenna, apakah ada sambungan yang putus. Bagian ini terdiri dari :

Driver :

Kotak kecil yang berfungsi sebagai antenna utama, disambung ke kabel antenna. Pada bagian kutub positip dan negative sering terbentuk korosi yang mengakibatkan hambatan cukup besar, sehingga sinyal dari pemancar kurang maksimal untuk ditangkap.

Reflektor :

Pada umumnya berbentuk seperti huruf V yang mempunyai fungsi untuk menahan sinyal dari pemancar untuk diterima pada bagian driver. Cek apakah ada baut yang patah.

Direktori  :

Adalah bagian dari antenna yang berfungsi untuk memperpanjang jarak jangkau penangkapan sinyal. Semakin panjang, maka semakin jauh pula sinyal yang ditangkap. Biasanya bagian ini sering patah karena sering terkena angin, panas dan hujan. Jika terlalu banyak bagian yang putus, sebaiknya antenna diganti dengan yang baru.
2.       Periksa indoor dan outdor boster. Alat ini sangat diperlukan bagi anda yang lokasinya cukup jauh dari stasiun pemancar ulang tv. Periksa kutub-kutub koneksinya. Pastikan tidak terhalang oleh korosi. Pada bagian boster outdor terdapat pengaturan GAIN yang bisa di trim sampai sinyal lebih baik.
3.       Hal terakhir yang perlu dicek adalah kabel dan jack antenna ke tv. Pada bagian ini anda pastikan agar kutub positif dan negative tidak terhubung singkat alian short. Kasus ini sering terjadi, karena kadang-kadang jack antenna sering dilepas dan dipasan. Sehingga akan menyebabkan kendornya konesi kedua kutub.


Itulah cara mudah untuk memperbaiki antenna tv. Semoga bisa dijadikan sebagai tambahan informasi bagi anda yang ingin memperbaiki sendiri antenna tv yang rusak.

0 komentar:

Posting Komentar